Contoh Kerajinan Limbah Lunak

Hai, kali ini kita akan membahas beberapa contoh kerajinan limbah lunak organik beserta cara pembuatannya. Apabila Anda punya limbah lunak organik, maka jangan dibuang begitu saja ya.

Hal ini karena bahan limbah organik lunak bisa menghasilkan produk kerajinan yang kreatif dan unik serta memiliki nilai jual tinggi.

Dengan adanya desain inovasi yang mengikuti perkembangan zaman, tentu saja produk kerajinan limbah organik akan semakin banyak peminatnya.

Selain itu, cara membuatnya juga mudah, alat-alat dan modalnya pun tak begitu banyak. Apabila Anda serius dalam menekuni usaha ini, Anda bisa memperoleh keuntungan berlipat ganda.

Berikut ini akan kami sajikan 5 contoh produk kerajinan limbah lunak organik yang tentunya bisa menginspirasi dalam pembuatan sebuah karya.

1. Kerajinan Limbah Kertas

Kertas (paper) adalah media utama dalam menulis, melukis dan juga mencetak. Sebab kertas merupakan salah satu bagian dari limbah lunak organik, karena bisa terurai dalam tanah.

Untuk limbah kertas ini bisa digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kerajinan yang kreatif dan unik.

Di bawah ini adalah 3 contoh kerajinan dari bahan kertas yaitu :

  1. Kerajinan berbentuk Burung Cendrawasih dari bahan Kertas
  2. Tas dari Koran Bekas
  3. Kerajinan Dompet dari Kertas (Koran Bekas)

Cara Pembuatan Kerajinan Tangan dari Limbah Kertas

Langkah pertama, Anda siapkan dulu bahan dan alat dalam pembuatan kerajinan limbah kertas. Untuk bahan utamanya yakni kertas serta ada pula bahan pendukung lainnya seperti lem putih dan cat pewarna (jika diperlukan).

Kemudian apa saja alat-alat yang diperlukan?

Alat yang sering dipakai dalam pembuatannya adalah seperti gunting, cutter, pisau, tusuk sate dan kuas stik sumpit.

Langkah kedua, jika bahan dan alat-alat sudah dipersiapkan. Maka langsung saja kita masuk ke proses cara pembuatan kerajinan dari kertas.

Untuk kelebihan dalam memakai bahan limbah kertas yaitu dapat menggunakan banyak teknik pembuatan. Kertas bisa dibuat kerajinan dengan memakai teknik digulung, dilipat, dirobek, dianyam, dibubur dan diremas.

2. Kerajinan Limbah Kulit Jagung

Selain dari kertas, kulit jagung ini juga termasuk sebagai salah satu limbah lunak organik yang bisa dengan mudah Anda peroleh bahannya secara gratis melalui pasar tradisional.

Untuk membuat kerajinan dari kulit jagung memang jauh lebih susah jika dibandingkan dengan kertas. Sehingga akan diperlukan ketekunan agar bisa menghasilkan karya kerajinan yang unik dan menarik.

Pada produk kerajinan kulit jagung ini juga sangat bervariasi. Dimana untuk limbahnya dapat dimanfaatkan dalam membuat kerajinan bunga, bingkai foto, boneka, penghias wadah, tas, hiasan pensil, anyaman keranjang dan masih ada banyak lagi lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh kerajinan dari limbah kulit jagung yaitu :

  • Bunga
  • Boneka
  • Gantungan kunci

Cara Pembuatan Kerajinan Tangan dari Kulit Jagung

Langkah pertama, Anda persiapkan terlebih dahulu bahannya yakni kulit jagung. Apabila pengen lebih terlihat menarik, maka Anda boleh warnai terlebih dahulu dengan menggunakan pewarna cair atau bubuk.

Langkah kedua, Anda persiapkan alat pembuat kerajinan dari limbah kulit jagung diantaranya gunting, elemen pemanas, lem tembak, setrika, penjepit, panci dan solder.

Ketiga, jika bahan dan alat-alat sudah disiapkan, maka langsung saja ke praktek cara pembuatannya.

Sebagai contoh, berikut ini cara membuat kerajinan pensil hias, dimana membuatnya adalah dengan memakai teknik sederhana cuma digunting dan dilipat.

Dalam pembuatan kerajinan ini, Anda tidak memerlukan peralatan yang ribet seperti solder.

Berikut langkah-langkah cara pembuatannya :

  1. Membuat kepala
  2. Gunting baju
  3. Pasang pola pada pensil
  4. Pasang rambut, tangan dan mata
  5. Pensil hias siap pakai

3. Kerajinan Limbah Jerami

Untuk contoh kerajinan limbah lunak organik berikutnya yakni dari bahan limbah jerami. Jerami adalah limbah batang padi dari sisa hasil pertanian.

Dimana ini biasanya dipakai sebagai bahan bakar untuk pembakaran batu bata maupun genteng. Limbah padi ini juga ternyata boleh dimanfaatkan sebagai bahan dasar kerajinan unik, sehingga dapat berpotensi untuk dikembangkan.

Untuk keberadaan kerajinan dari bahan jerami terbilang masih langka.

Cara Pembuatan Kerajinan Tngan dari Jerami

Langkah pertama, Anda persiapkan bahan pembuatan produknya yakni limbah jerami padi beserta seluruh bagian-bagiannya. Setelah itu, bahan-bahan tambahan lain seperti lem dan juga clear.

Kedua, Anda persiapkan alat-alat pembuatan kerajinan dari limbah jerami diantaranya pisau, cutter, gunting dan lem tembak.

Langkah ketiga, mari kita langsung ke proses pembuatannya. Disini kita bakal contohkan pembuatan kerajinan hiasan pohon kelapa dengan memakai limbah jerami. Untuk teknik yang digunakan pun cukup sederhana.

Berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya :

  • Anda lengkung dan panaskan batang jerami dengan memakai api dari lilin
  • Kemudian beri lem tembak pada batang
  • Setelah itu, susun dan gunting batang jerami
  • Lalu tempel batang sebagai daun
  • Jika sudah kumpulkan daun pada batang
  • Selanjutnya lilitkan pelepah pisang di batang pohon
  • Selesai deh, hiasan pohon kelapa!

4. Kerajinan Limbah Pelepah Pisang

Adapun contoh kerajinan tangan dari limbah lunak organik selanjutnya yang dapat Anda buat dengan bahan limbah yaitu dari pelepah pisang.

Dimana untuk bahan bakunya sendiri sangat mudah didapatkan, karena pohon pisang banyak dijumpai pada lingkungan masyarakat.

Untuk contoh kerajinan dari bahan pelepah pisang yang bisa dibuat yakni mulai dari tas, lukisan, wadah pensil dan wadah tisu.

Cara Pembuatan Kerajinan Tngan dari Pelepah Pisang

Pertama Anda siapkan bahan berupa pelepah pisang, lem, kardus dan biji-bijian. Setelah itu, persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti gunting, pisau dan setrika.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  • Anda tentukan dulu variasi bentuknya, boleh itu silinder, segitiga, kotak maupun segilima. Untuk bentuk dasar boleh menggunakan kardus ataupun paralon bekas yang besar. Misalnya dengan memakai kardus.
  • Kemudian kardus dipotong-potong hingga membentuk pola persegi lalu diberi lem.
  • Untuk lem sendiri diratakan dan dilapisi oleh pelepah pisang.
  • Selanjutnya bentuk kotak dan lapisi kertas di bagian pinggir supaya kuat.
  • Setelah itu, tempel bagian luar dengan menggunakan pelepah pisang.
  • Jika sudah, maka siapkan pelepah pisang yang sudah diberi warna dengan menggunakan pola bunga.
  • Berikutnya tempelkan bunga pada tempat pensil tersebut.
  • Selesai deh, kerajinan tempat pensil dari bahan pelepah pisang!

5. Kerajinan Lunak dari Sabun

Untuk kerajinan bahan lunak dari sabun ini adalah hasil kerajinan dengan menggunakan bahan dasar sabun batangan. Dimana hasil yang didapatkan dari kerajinan sabun ini pun sangat unik dan menarik.

Sabun batangan bisa diolah dengan 2 cara :

  1. Mengukir sabun dengan bentuk karya seperti hewan, buah-buahan dan flora ukiran.
  2. Kedua dengan membentuk sabun.

Pada pembuatannya, sabun diparut sampai menjadi bubuk, kemudian dicampurkan dengan menggunakan sagu dan sedikit air saja.

Tahap selanjutnya buat adonan baru dari bahan tadi, lalu bentuklah adonan sabun tersebut menjadi kerajinan sesuai kemauan kita.

Nah, itulah tadi beberapa contoh kerajinan limbah lunak organik dari bahan limbah mulai dari kertas koran, kulit jagung, jerami, pelepah pisang, sabun beserta cara pembuatannya.

Anda juga boleh simak kerajinan-kerajinan lainnya di blog Genemil.com.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About The Author

Reply